Struktur Organisasi
Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan yang , bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, meisn, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan yang , bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, meisn, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Struktur
organisasi adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan
dikoordinasikan secara formal.
Struktur
Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian baik
secara posisi maupun tugas yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan bersama.
IMPLEMENTASI STRUKTUR ORGANISASI
PERUSAHAAN BISNIS
Pada
sebuah perusahaan, pembuatan struktur organisasi perusahaan bukan hanya sekedar
menggambarkan deskripsi terhadap wewenang dan tugas karyawan dalam sebuah
organisasi tapi juga memberikan gambaran yang jelas terhadap kejelasan tanggung
jawab, kejelasan kedudukan, dan kejelasan tugas.
Definisi menurut Ahli
Terdapat
beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, Organisasi pada
dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul,
bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin
dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,
lingkungan) sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara
efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut para ahli
terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk dari setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entirity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapatdiidenifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan berama atau sekelompok tujuan.
Sebuah
organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti
penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi
sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat disekitarnya, kerena memberikan
kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai
anggota-anggotanya sehingga menekankan angka pengangguran.
Elemen Struktur Organisasi
Ada
enam elemen kunci yang perlu diperhatikan oleh para manajemen ketika
hendak mendesain struktur, an tara lain:
- Spesialiasi pekerjaan. Sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi kedalam beberapa pekerjaan tersendiri.
- Departementalisasi. Dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan secara bersama-sama. Departementalisasi dapat berupa proses, produk, geografi, dan pelanggan.
- Rantai komando. Garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke eleson paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.
- Rentang kendali. Jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien dan efektif.
- Sentralisasi dan Desentralisasi. Sentralisasi mengacu pada sejumlah mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik di dalam organisasi. Desentralisasi adalah lawan dari sentralisasi.
- Formalisasi. Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan didalam organisasi dibakukan.
Desain
organisasi yang umum adalah sebagai berikut :
1. Struktur
Sederhana. Struktur Sederhana adalah sebuah struktur yang dicirikan dengan
kadar departementalisasi yang rendah, rentang kendali yang luas, wewenang yang
terpusat pada seorang saja, dan sedikit formaliasi.
2. Biokrasi.
Biokrasi adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin
yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal,
yugas-tugas yang dikelompokkan kedalam berbagai departemen fungsional, wewenang
terpusat, rentang kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti
rantai komando.
Desain Struktur Organisasi Modern
struktur tim adalah pemanfaatan tim sebagai
perangkat sentral untuk mengoordinasikan kegiatankegiatan kerja. Karateristik
utama struktur tim adalah bahwa struktur ini meniadakan kendala-kendala
departemental dan mendesentralisasikan pengambilan keputusan ke tingakt tim
kerja.
Organisasi Virtual adalah organisasi inti kecil
yang menyubkontrakkan fungsi-fungsi utama bisnis secara detail.
Organisasi Nirbatas adalah sebuah organisasi yang
berusaha menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas,
dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan.\
Model Desain Struktur Organisasi
Ada dua model ekstrem dari desain organisasi. Model mekanistis, yaitu sebuah struktur yang
dicirikan oleh departementalisasi yang luas, formalisasi yang tinggi, jaringan
informasi yang terbatas, dan sentralisasi. Model organik, yaitu sebuah struktur
yang rata, menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi, memiliki
formalisasi yang rendah, memiliki jaringan informasi yang komprehensif, dan mengandalkan
pengambilan keputusan secara partisipatif. Model Piramid,model ini di buat persis sebuah piramida. Model Horizontal,Model ini dibuat dengan
manarik garis lurus secara horizontal dengan pembagian funsional masing-masing
bersama tugasnya masi-masing.
http://phia12.wordpress.com/2012/09/20/makalah-implementasi-manajemen-strategi-dalam-organisasiperusahaan/
http://lisusombolinggi.blogspot.com/2012/10/pengertian-perusahaan.html
http://dikdiksalehsadikin.wordpress.com/dampak-teknologi-informasi-terhadap-struktur-organisasi-perusahaan/.
http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi
kepemimpinan dan perilaku organisasi Pof. Dr. Veithzal Rivai, M.B.A Prof. Dr. Deddy Mulyadi, M.S.i. ed.2-9 Jakarta: Rajawali Pers, 2012. sistem organisasi bab 14 halaman 347-359.
DAFTAR
PUSTAKA
http://phia12.wordpress.com/2012/09/20/makalah-implementasi-manajemen-strategi-dalam-organisasiperusahaan/
http://lisusombolinggi.blogspot.com/2012/10/pengertian-perusahaan.html
http://dikdiksalehsadikin.wordpress.com/dampak-teknologi-informasi-terhadap-struktur-organisasi-perusahaan/.
http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi
kepemimpinan dan perilaku organisasi Pof. Dr. Veithzal Rivai, M.B.A Prof. Dr. Deddy Mulyadi, M.S.i. ed.2-9 Jakarta: Rajawali Pers, 2012. sistem organisasi bab 14 halaman 347-359.