UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
MATA KULIAH ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI
Nama Kelompok :
Esa Saputra Yunus
M. Omar Mochtar
M. Bani Sucahyo
Ridho Hanal Azmi
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
USULAN TEKNIS
APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBERIAN BONUS DAN DISCOUNT
“PT. JNE BERBASIS WEB”
Jenis Kegiatan:
Pengembangan Konsep Penjualan dan CRM (Consumen Relationship Management)
Disusun Oleh :
Esa Saputra Yunus 12112559
UNIVERSITAS GUNADARMA
10 Juni 2016
Latar Belakang
PT. JNE adalah pelopor jasa kurir pengiriman barang terkemuka di Indonesia
yang berdiri dari tahun 1990 terus berkembang dan meningkatkan kwalitas daya
saing dalam bidang jasa pengiriman. Di era globalisasi dan pertumbuhan
E-commers di Indonesia PT. JNE berperan penting dalam jasa pengiriman dengan mottonya
yaitu Just in time, untuk mengembangkan bisnisnya PT. JNE membuat terobosan
dengan “menjemput bola” dalam artian menjemput setiap kiriman paket yang akan
dikimkan langsung ke pelanggan dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan
serta memberikan garansi akan tiba tepat waktu dan paket kiriman dapat dilacak
melalui smartphone dan web browser.
Dengan bertumbunya E-commers di Indonesia membuat PT. JNE tidak bisa hanya
menjalankan bisnis jasa pengiriman seperti biasanya tetapi harus dapat juga
mengikuti perkembangan agar tidak tersaingi oleh jasa kurir yang lain. PT. JNE
harus mengembangkan pola bisnis yang baru dengan memanfaatkan CRM (Customer
Relationship Management) agar para konsumen tidak akan pindah ke jasa
pengiriman lain dan menarik calon konsumen baru agar menggunakan jasa
pengiriman PT. JNE. Contoh dari pemanfaatan CRM ialah dengan membuat royal para
konsumen tetap dengan memberikan bonus, potongan harga (discount) dan pelayanan
yang prima.
Disatu sisi PT. JNE memiliki keunggulan dalam profesionalisme dan
kepercayaan konsumen akan pengiriman jasa baik dalam dan luar negeri yang
berlangsung lama para pesaing juga melihat dan mempelajari cara PT. JNE bekerja
dan mencoba untuk merebut para konsumen PT. JNE dengan harga yang lebih murah
jika dibandingkan dengan PT. JNE dan pelayanan yang tidak jauh berbeda, untuk
itulah harus ada perubahan dalam sektor bisnis dengan memanfaaatkan CRM
Dengan menganalisa gejala-gejala permasalahan tersebut, kami dapat menarik
kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sebuah aplikasi CRM yang
diterapkan pada PT. JNE. Aplikasi tersebut berbentuk web dan smartphone yang
terkoneksi dengan alamat email yang didaftarkan oleh konsumen sewaktu mengisi
data jasa pengiriman PT. JNE , email tersebut akan di olah dan di simpan dalam
data base pelanggan dengan pembangian dan fase-fase yang berbeda dimana ada
pelanggan tetap, pelanggan baru dan calon pelanggan. Aplikasi ini dibangun
dengan tampilan user interface yang user friendly, sehingga bagi pengguna yaitu
pegawai PT. JNE bisa menggunakannya dengan mudah. Tampilan dibuat menggunakan
Macromedia Dreamweaver 8 dan Macromedia Flash 8, Database menggunakan MySql,
PHP, HTML 5 dan yang terpenting coding pemrograman menggunakan PHP.
Pengembangan sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dari PT. JNE
dan mendukung menjadi yang terbaik dalam jasa pengiriman berbasis
nasional, namun menjadi yang berbasis internasional dengan sistem informasi
kedepannya.
Rumusan Masalah
Aplikasi ini dibuat untuk PT. JNE , aplikasi ini dapat membantu kinerja
perusahaan yang sebelumnya menggunakan sistem lama tanpa CRM untuk melakukan
setiap kegiatannya. Sistem baru ini dapat membantu kinerja perusahaan lebih
cepat dan terkomputerisasi seperti pendaftaraan pelanggan baru, pencarian paket,
menentukan harga, pengembalian barang, perhitungan jarak dengan tarif,
pemeliharaan data pelanggan, menetapkan voucer potongan harga bagi pelanggan
tetap, menarik pelanggan baru dengan pengiriman gratis dengan syarat tertentu,
menjaga hubungan antara pelanggan tetap dan baru. Aplikasi ini berbentuk web
yang penggunaannya diperuntukkan bagi pegawai perpustakaan. Sistem ini dibangun
menggunakan beberapa software :
1. Coding pemrograman menggunakan bahasa PHP, HTML 5
2. Database menggunakan MySql, Oracle
3. Tampilan sistem informasi menggunakan Macromedia
Dreamweaver 8, Bootstrap dan macromedia Flash 8.
Batasan Masalah
Batasan Masalah dari perumusan masalah diatas adalah sebagai berikut :
1. membahas tentang proses :
a. pendaftaraan pelanggan
b. Pencarian order pelanggan
c. Pencarian paket
d. menentukan harga dan estimasi
e. Pengembalian barang (retur)
f. Pemberian voucer/ Bonus
g. mencari pelanggan baru
2. Tidak membahas tentang jaringan antar
wilayah ( pusat dan rekanan)
3. Tidak membahas tentang pembuatan laporan.
4. Sistem informasi berbasis web yang
penggunaannya hanya untuk pegawai PT. JNE
Pada proposal ini kami tim pengembang ingin memberikan batasan masalah.
Dalam membangun Aplikasi CRM “PT. JNE” yaitu hanya pada pembuatan aplikasi
web. Aplikasi ini di tujukan untuk pegawai PT. JNE untuk menjaga hubungan baik
dengan pelanggan dan sebagai pengembangan media sasaran bisnis yang baru.
Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi CRM “PT. JNE” yang akan dikembangkan memiliki
beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang
berhubungan dengan pendaftaraan pelanggan, pencarian order pelanggan,
pencarian paket, menentukan harga, pengembalian barang, perhitungan jarak
dengan tarif, pemeliharaan data pelanggan, menetapkan voucer potongan harga
bagi pelanggan tetap, menarik pelanggan baru dengan pengiriman gratis dengan
syarat tertentu, menjaga hubungan antara pelanggan tetap dan baru.
2. Mendesain sistem sistem utama
aplikasi sistem informasi CRM PT. JNE
3. Pembuatan aplikasi sistem
informasi CRM PT. JNE
4. Pelatihan terhadap pegawai PT.
JNE
5. Pemeliharaan sistem pada
aplikasi yang akan dibuat
6. Dokumentasi sistem yang telah
di buat
Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan
penerapan sistem informasi ini secara berjalan dengan baik.
Modul Pengembangan
1. Modul database pelanggan
2. Modul pendaftaraan anggota
3. Modul pencarian paket
4. Modul pengorganisasian data
5. Modul pemeliharaan database
Manfaat Pengembangan Sistem
Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pelayanan PT. JNE
2. Memudahkan pelanggan untuk
pendaftaraan, menghitung estimasi biaya.
3. Mengembangkan sistem lama ke dalam
sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
4. Mempermudah untuk data pelanggan.
5. Menarik Pelanggan baru dan
memberikan potongan harga ke pada pelanggan yang lama agar tidak pindah ke jasa
pengiriman yang lain.
6. Menjalin hubungan antar pelanggan
dan perusahaan dan meningkatkan kepercayaan
7. Pemeliharaan data lebih cepat
dan mudah dilakukan.
Tujuan Perencanaan Proyek
Tujuan dirancangnya proyek sistem informasi perpustakaan ini antara lain:
1. Mengurangi dan meminimalisir pelanggan untuk pindah ke
jasa pengiriman lain dan pengembangan bisnis baru.
2. Proses pemeliharan data dapat dilakukan dengan
pengarsipan melalui media komputer dan proses pemeliharaannya jauh lebih
mudah jika dilakukan dengan komputerisasi.
Solusi yang di usulkan
1. Mudah digunakan dengan berbagai fasilitas menu yang
terintegrasi mulai dari data pelanggan, pengolahan pencarian barang pencarian
paket, menentukan harga, pengembalian barang, perhitungan jarak dengan tarif,
pemeliharaan data pelanggan, menetapkan voucer potongan harga bagi pelanggan
tetap, menarik pelanggan baru dengan pengiriman gratis dengan syarat tertentu,
menjaga hubungan antara pelanggan tetap dan baru.
2. Praktis dan cepat
3. Fungsional dan akurat
4. Terintegrasi antara pusat dan rekanan
di daerah
5. Jaminan pemeliharaan (purna jual)
yang berkesinambungan dan murah
Hasil yang diharapkan
Menghasilkan beberapa laporan atau hasil print out yang dibutuhkan, antara
lain:
1. Nomor resi(register pelanggan) secara
otomatis.
2. Barcode nomor anggota tetap/ baru
4. Statistik (penggunaan jasa )
5. Stock gudang dan pencarian barang
6. Laporan pencarian barang dan jumlah
barang
7. Kontrak pelanggan (email untuk di
berikan penawaran)
Pelaksanaan Proyek
Kegiatan
dan waktu pelaksanaan
|
Januari
|
Maret
|
April
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Analisis
Kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Design
fungsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemograman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengujian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instalasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelatihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemeliharaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rancangan Biaya Sistem Informasi
1. Biaya
persiapan
Tipe
Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga
Satuan ( Rupiah )
|
Software
|
Macromedia
dreamweaver 8
HTML 5
Macromedia
flash 8
My SQL
Server
Domain
& Hosting
|
1.700.000
1.700.000
-
200.000/bulan
|
Hardware
|
1 Paket
Komputer ( PC )
Modem
Eksternal
1 Printer
|
4.800.000
500.000
3.550.000
|
|
JUMLAH
|
12.450.000
|
2. Biaya Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya (
Rupiah )
|
1
|
Analisis
kebutuhan
|
5000.000
|
2
|
Design
Fungsi
|
3000.000
|
3
|
Pemograman
|
3. 200.
000
|
4
|
Pengujian
|
1.000.000
|
5
|
Instalasi
|
2.500.000
|
6
|
Pelatihan
|
2.500.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
2000.000
|
8
|
Dokumentasi
|
1000.000
|
|
Jumlah
|
20.200.000
|
Tenaga Pelaksana
Untuk mengembangkan sistem Informasi CRM “PT. JNE” berbasis web, maka
dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai
berikut:
1.
Project Manager dan System Analisis
: Esa Saputra
Y
2.
Database
Engineering
: M. Bani Nurcahyo
3.
Graphic and Software
Engineer : M. Ridho
H
Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis.
Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem
Informasi perpustakaan Berbasis Web, tahapannya sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan,
dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga
dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan
pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context
Diagram, Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel,
relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan
fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah
dibuat. Lama Pengerjaan, kerumitan dan Jumlah baris coding menentukan
besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus
terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
5. Instalasi
Mengganti sistem lama dengan menempatkan sistem baru yang telah
dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan
fungsinya.
6. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer
proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih pegawai PT. JNE yang hendak
mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga
berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak
menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan,
tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa
produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan
baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat
untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi
untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan
sebagainya.
Kelayakan Hukum
Secara hukum, seluruh perangkat baik software maupun hardware termasuk
prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku di
negara Indonesia serta ketentuan perusahaan.