Friday, April 1, 2016

Rilis Teaser M3 Note



Jakarta - Dalam hitungan hari, Meizu akan merilis ponsel anyarnya. Untuk menyemarakkanya, mereka mulai menyebar sejumlah teaser yang menyinggung kompetitornya.

Perusahaan asal China itu akan mengelar hajatan pada 6 April mendatang. Mereka akan memperkenalkan perangkat M3 Note yang dirumorkan selama ini.

Kian mendekati waktu peluncuran, Meizu pun membuat beberapa teaser poster untuk menghitung mundur acaranya itu. Biasanya, vendor akan memberikan sedikit gambaran produk terbarunya pada teaser.

Lain halnya Meizu, mereka malah menyinggung sejumlah vendor ponsel yang merupakan kompetitor utamanya. Logo Huawei di gambar pembalut, Apple pada kondom, ZTE pada sepatu hak tinggi dan Xiaomi sebagai nenek sihir.


Tak jelas mengapa Meizu memasukkan merek kompetitor di gamba gambar tersebut. Pada setiap poster, Meizu menyelipkan karakteristik M3 Note. Disebutkan ponselnya itu 'cepat dan cantik', 'cantik tapi juga kencang', 'tipis tapi memiliki baterai tahan lama', "tipis tapi tangguh' dan 'tipis dan cantik'.

Sayangnya Meizu tidak mengungkap spesifikasinya pada teaser tersebut. Bila bersumber dari bocoran sebelumnya, ponsel ini akan memiliki prosesor delapan inti Helio P10 besutan MediaTek.

Sedangkan GPU menggunakan MaliT860 serta dua pilihan RAM 2 GB dan 3 GB. Begitu pula ruang penyimpanan internalnya, ada pilihan 16 GB dan 32 GB.

Layarnya sendiri berukuran 5,5 inch dengan resolusi 1080p. M3 Note dibekali kamera belakang 13 megapixel dan kamera depan 5 megapixel.

Dilansir dari Gizmochina, Jumat (1/4/2016), ponsel ini akan berbasis Android 5.1. Tersemat baterai 3.500 mAH dan sensor sidik jari di tombol home. (afr/rou)

Wednesday, March 30, 2016

Peningkatan Kecepatan Internet di Indonesia


KOMPAS.com - Penyedia content delivery network Akamai kembali merilis laporan State of the Internet untuk kuartal IV 2015. Di dalamnya, perusahaan yang berbasis di Massachusetts, AS ini antara lain menjabarkan perubahan kecepatan internet negara-negara di seluruh dunia.

Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (1/4/2016), mengalami kenaikan kecepatan koneksi internet rata-rata sebesar 109 persen atau lebih dari dua kali lipat dibanding kuartal yang sama tahun lalu, menjadi 3,9 Mbps.

Persentase kenaikan tersebut merupakan yang tertinggi untuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Di urutan kedua ada Vietnam yang mencatat kenaikan 43 persen.

Meski begitu, rata-rata kecepatan koneksi internet di Indonesia masih berada di bawah rata-rata global yang sebesar 5,6 Mbps.



Tabel koneksi kecepatan koneksi internet rata-rata dan kecepatan koneksi internet puncak di negara-negara Asia Pasifik, menurut laporan State of the Internet Akamai untuk kuartal IV 2015.

Indonesia juga mencatat kenaikan kecepatan akses internet maksimal sebanyak 495 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, menjadi 79,8 Mbps. Capaian itu menempatkan Indonesia di urutan keenam dunia dalam hal kecepatan internal maksimal.
Apa penyebab berlipatnya kecepatan internet di Indonesia? Pihak Akamai mengklaim salah satu kemungkinannya adalah penambahan server Akamai yang dipasang oleh operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia.

Mungkin pula ada kaitannya dengan penggelaran jaringan internet berkecepatan tinggi 4G LTE di Indonesia yang dimulai pada akhir tahun 2014. Seperti disebutkan di atas, Akamai mencatat kenaikan besar soal kecepatan akses internet di Tanah Air dalam peridoe kuartal IV 2014 hingga kuartal IV 2015.

Namun, sebaran kecepatan internet cepat di Indonesia masih belum merata. Menurut Akamai, hanya 0,5 persen pengguna internet Tanah Air yang bisa menikmati kecepatan koneksi di atas 15 Mbps.

Kebanyakan negara lain mencatat angka yang lebih “merata”. Sebanyak 40 persen pengguna internet di Jepang, misalnya, sudah bisa tersambung dengan kecepatan di atas 15 Mbps.

Akamai sendiri adalah salah satu penyedia platform distributed computing terbesar di dunia serta bertanggung jawab melayani hingga 30 persen trafik web global.

KOMPAS

Tuesday, March 29, 2016

TUGAS 1 ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI PADA PT. JNE


Didirikan tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'.
Kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja.

Seiring dengan peningkatan investasi asing, pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dan perkembangan teknologi informasi, serta beragam inovasi produk yang dikembangkan, kinerja JNE semakin tumbuh juga berkembang di kalangan dunia usaha maupun masyarakat Indonesia.

Perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat membuat permintaan penanganan kiriman import peka semakin berkembang. Tak hanya mencakup paket kecil dan dokumen, tetapi merambah pada penanganan transportasi, logistik, serta distribusi.

Peluang yang terus tumbuh ini mendorong JNE untuk terus memperluas jaringannya ke seluruh kota besar di Indonesia. Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 1,000 lokasi dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 12,000 orang. Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubungkan dengan sistem komunikasi on-line, dikawal oleh sistem dan akses situs informasi yang efektif serta efisien bagi konsumen dalam upaya mengetahui status terkini pengiriman paket atau dokumen.

JNE mengedepankan sumber daya manusia sekaligus teknologi sebagai bagian dari pengembangan. Dari mesin X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit. Kehandalan dan komitmen JNE ini terbukti dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu.

Etika dan Profesionalisme JNE :


Kata Etika berasal dari Yunani Kuno : "Ethikos", yang berarti "timbul dari kebiasaan". Etika adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.
Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Bisa juga Etika sebagai perilaku yang dilakukan secara sadar yang akan dilakukan bila mana seorang terhadap pemikiran suatu keadaan yang bisa diterapkan sehingga karakter dapat menjadi etika didalam dirinya dan didalam kehidupan.

Nilai-nilai dasar yang dianut JNE adalah jujur, adil, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan visioner. Sedangkan filosofinya yaitu efektif, efisien, fleksibel, dan seimbang.
Tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermarkas di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia. 

Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TIKI dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestic. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Selama bertahun-tahun TIKI dan JNE berkembang menjadi dua perusahaan yang punya arah sendiri. Karena itu, keduanya menjadi saingan dan akhirnya JNE menjadi perusahaan sendiri dengan manajemen diri sendiri. JNE meluncurkan logonya sendiri pada tahun 2000 dan berpisah dari TIKI. JNE lalu berusaha melakukan inovasi dengan memberikan layanan yang berbeda dengan TIKI. Kesan awal, masyarakat menganggap layanan JNE lebih mahal dari yang lainnya. Ini karena segemen yang dibidik memang segmen premium.

Pengembangan produk dan layanan yang berbeda di JNE antara lain menyediakan jasa kurir, logistic, money remittance hingga jasa kargo. Sebagai sister company dengan TIKI, secara etika bisnis, JNE menghadapi kesulitan tidak boleh beradu harga dan layanan dengan TIKI. Namun, ternyata industri pengiriman berkembang dan pasarnya ikut membesar sehingga JNE tidak perlu berebut pasar. Perlahan-lahan JNE menemukan banyak layanan baru yang tidak terpikir sebelumnya.
JNE lalu membeli gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Centers. Tahun 2004 JNE membeli gedung baru yang merupakan kantor pusat JNE dan kedua gedung ini berada di Jakarta.

Dari tahun ke tahun, pertumbuhan bisnis JNE semakin baik, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan industri. Industri sendiri bertumbuh hanya sebesar 10% – 15%, namun bisnis JNE tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Resep keberhasilan JNE adalah tidak mau menunggu konsumen. Lebih baik, JNE menjemput bola. Kurir JNE langsung menjemput barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan barang. Hanya dengan menelepon, kurir pasti datang ke rumah.

Tatacara pengiriman JNE


Pertama-tama bungkuslah barang yang hendak di kirim secara rapi hingga tidak ada celah untuk dibuka. Tuliskan nama penerima paket, alamat penerima, No hp dan tak lupa juga cantumkan nama anda sebagai pengirim paket.

Proses selanjutnya silahkan menuju kantor JNE terdekat yang ada di daerah anda.
Menuju ke bagian kasir dan nyatakan bahwa anda hendak mengirim paket barang setelah itu paket anda akan di data, ditimbang dan di cek kelengkapan alamat tujuan. 

Pada tahap ini juga, anda akan di tanya mengenai paket pengiriman yang di gunakan, apakah menggunakan paket reguler, paket Yes ataupun Paket Oke. Paket ini menentukan besarnya harga dan lamanya pengiriman, Bayar jumlah uang yang di kenakan, Proses selesai dan anda akan menerima struk bukti pengiriman.

Sebagai Catatan: Jangan buang struk bukti pembayaran karena struk ini berguna bila suatu waktu ada keluahan pada proses pengiriman.
Selain itu pada struk tercantum nomor resi yang berguna untuk mengecek secara online apakah paket telah terkirim dan sampai pada tujuan atau belum

Nomor resi berguna sebagai nomor yang digunakan  untuk mengecek secara online tentang seberapa jauh proses pengiriman paket sedang berlangsung, apakah sudah sampai atau belum. Untuk mengecek keberadaan paket secara online simak tahapan berikut :


Buka alamat www.jne.co.id atau dengan mendownload aplikasi my Jne di app store atau Google play 
Ketik nomor resi di kotak trace & tracking Klik tombol search
Dan status pengiriman barang anda akan muncul
Klik pada bagian nomor resi, maka akan muncul detail pengiriman
Untuk biaya pengiriman paket barang di hitung berdasarkan berat per Kg, namun jika barang yang dikirim memiliki berat yang tidak sampai 1 kg maka pembayaran tetap di hitung 1 kg. Biaya per Kg barang kisaran Rp 8.000 hingga Ratusan Ribu, tergantung jauhnya jarak pengiriman barang.

Produk dan Layanaan JNE :

 JNE Express
 Diplomat
 Super Speed (SS)
 YES (Yakin Esok Sampai)
 REG (Regular)
 OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
 JNE Loyalty Card (Membership)
 Jesika
 PELIKAN
 Money Remittance
 JNE Pick-Up Point (PIPO)
 @box
 JNE Online Payment
 JNE Online Booking (JOB)
 Airport Greeting
 Syarat dan Ketentuan Pengiriman


DIPLOMAT
Layanan barang/dokumen anda yang sangat berharga dan rahasia sehingga tidak boleh diketahui oleh orang lain atau dipegang oleh orang lain, maka penanganan Diplomat kami akan tangani dengan spesial dan handcarry yaitu dari awal barang di kirim dan hingga akhir tujuan dibawa langsung oleh staf JNE. Tarif ditentukan berdasarkan jenis kiriman, jumlah dan tujuan.

SUPER SPEED (SS)
Layanan hari ini kirim, hari ini sampai, artinya kiriman akan sampai ke penerima sebelum pkl 24.00 hari ini. Ada info SMS POD (SMS info kiriman setelah sampai ke nomor HP pengirim). Pengiriman/transaksi SS di Agen JNE ASTER GRAND GALAXY CITY - BEKASI SELATAN dan Kantor Cabang Pusat BEKASI paling lambat pkl 11.00 pada hari itu. Tarif ditentukan berdasarkan jenis kiriman, jumlah dan tujuan.

YES (Yakin Esok Sampai)
YES (Yakin Esok Sampai), layanan hari ini kirim besok sampai dengan waktu pengantaran maksimal jam 24.00 besoknya (bisa siang/sore/malam sampainya) ada info SMS POD (SMS info kiriman setelah sampai ke nomor HP pengirim). Garansi Uang Kembali jika waktu penyampaian melebihi 1 (satu) hari yang disebabkan oleh kelalaian JNE. (kesalahan alamat yang dituliskan pengirim, kekosongan rumah/kantor di tempat tujuan, tidak aktif nomor telepon penerima dan kejadian lain diluar kesalahan pihak JNE adalah tidak berlaku garansi uang kembali) Tarif ditentukan berdasarkan jenis kiriman, jumlah dan tujuan.

REGULER
Layanan ke seluruh kota/kabupaten/kecamatan di Indonesia.
Tarif dan waktu sampai tujuan (ETD) berbeda ke setiap kota/kabupaten dan kecamatan tujuan.

OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
Layanan ke seluruh kota/kabupaten/kecamatan di Indonesia dengan harga ekonomis.
Tarif dan waktu sampai tujuan (ETD) berbeda ke setiap kota/kabupaten dan kecamatan tujuan. Estimasi waktu sampai tujuan (ETD) lebih lama dari Layanan Reguler

JESIKA
Jesika memberikan layanan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan. JESIKA akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi ibu-ibu menyusui karena menggunakan moda pengantaran sepeda motor yang dilengkapi tas berpendingin
khusus (cooler bag), ice pack, plastik klip bersegel, dan barcode untuk menjaga kualitas ASI dan mencegah tertukar dengan ASI lain selama pengiriman.
Teknis penjemputan dilakukan dengan cara pickup ke lokasi, dimana sebelumnya pelanggan melakukan booking order melalui hotline JESIKA di no. 0-800-1-451-451 atau email: jesika@jne.co.id, dan dilanjutkan dengan proses pembayaran yang dapat dilakukan melalui proses transfer ataupun pembayaran di tempat penerima (cash on delivery). JESIKA menawarkan paket berlangganan harian (Rp. 25.000,-/per pengantaran Jakarta, Rp. 50.000/per pengantaran Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi. Saat ini waktu layanan Jesika hanya untuk area Jabodetabek.

JNE PELIKAN
JNE PELIKAN adalah sebuah layanan Amplop Pra Bayar khusus untuk pengiriman dokumen, Compact Disc (CD), atau kartu undangan dengan berat maksimal 1 kg dan dimensi ukuran maksimal A4 ke dalam kota di hari yang sama (hari kerja). JNE PELIKAN tersedia di lebih dari 50 outlet yang tersebar di seluruh Jakarta. JNE PELIKAN memastikan kiriman tiba dengan cepat dan aman. Bila dokumen diterima sebelum pukul 11:00 maka akan diantar pada hari yang sama dengan maksimal waktu penerimaan pukul 24:00. Bila dokumen diterima setelah pukul 11:00 maka akan diantar pada keesokan harinya dengan maksimal waktu penerimaan pukul 12:00.

JNE PIPO
Dengan JNE PIPO, pengirim dan penerima dapat memilih cara penyampaian kiriman dengan cara diambil sendiri di cabang JNE terdekat yang mempunyai layanan PIPO. JNE PIPO sangat cocok bagi mereka yang bermobilitas tinggi dan tidak selalu berada di satu tempat atau tidak dapat menerima kiriman secara langsung. Mereka dapat meminta paket dikirimkan ke cabang JNE terdekat yang melayani PIPO untuk bisa diambil kapan saja dalam waktu lima hari sejak paket tiba.
Dengan layanan ini, pelanggan JNE yang tidak selalu berada di tempat tinggalnya dapat meminta paket kiriman dikirimkan ke kantor perwakilan JNE terdekat dan mengambilnya di waktu yang diinginkan sehingga aktifitasnya dapat terus berjalan dengan lancar tanpa perlu khawatir paket kiriman tidak sampai.
Mulai 23 Maret 2015, pengiriman dengan layanan JNE Pickup Point telah dapat digunakan oleh seluruh pelanggan di seluruh kantor perwakilan JNE yang berada di 3 kota besar yaitu Jakarta, Bogor dan Bandung. Untuk proses penerimaan barang dengan fitur layanan ini, 3 kantor perwakilan JNE telah menyediakan fasilitas penyimpanan khusus, yaitu:
      Kantor Perwakilan JNE Tomang 9 di Jl. Tomang Raya No.9 Jakarta Barat;
      Kantor Perwakilan JNE Soekarno Hatta No.452 Bandung; dan
      Kantor Perwakilan JNE Sholeh Iskandar Ruko 16 No.1A Bogor
Pelanggan yang menggunakan fitur layanan JNE Pickup Point memiliki batas waktu selama 5 hari untuk mengambil barangnya di 3 kantor perwakilan tersebut. Selain itu, keamanan pun menjadi prioritas utama dimana barang hanya dapat diambil setelah penerima memberikan nomor PIN yang telah diinformasikan sebelumnya pada saat proses pengiriman oleh pengirim. Jika penerima mewakilkan kepada orang lain untuk mengambil barangnya, maka harus disertakan dengan surat kuasa bertandatangan penerima diatas materai beserta nomor PIN.

JNE Online Payment (JOP)
JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE.
JNE Online Booking (JOB)
JNE Online Booking (JOB) adalah layanan pemesanan tiket pengiriman JNE secara online dimana pelanggan bisa mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman secara online di www.booking.jne.co.id kapan saja dan dimana saja. Pelanggan tinggal menunjukkan kode booking kepada petugas JNE untuk verifikasi saat mengunjungi outlet JNE untuk mengirim barang. Tidak perlu lagi antri lama untuk mengisi resi pengiriman secara manual. Dengan JNE Online Booking (JOB), Anda akan menghemat banyak waktu.

MELAYANI KIRIMAN MOTOR 
Melayani Kiriman khusus untuk sepeda motor 2 tak,4 tak dan motor besar ke seluruh Indonesia
Tarif dan waktu sampai tujuan (ETD) berbeda ke setiap kota/kabupaten dan kecamatan tujuan.

TRUCKING 
Service ini adalah kiriman melalui jalur darat (dengan truk JNE), dan khusus pulau Jawa (Banten, DKI, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur).
Syarat dapat menggunakan service trucking adalah kiriman dengan berat minimum 10 kilogram. Jika berat kiriman kurang dari batas minimum di atas, maka kiriman tetap dianggap berat minimum tersebut.

UPS INTERNTIONAL
Pengiriman luar negeri saat ini bekerjasama dengan UPS dan memiliki 4 service yaitu :
Express Plus : 1-3 hari/besok sampai pada Pkl 08.00 pagi waktu negara tujuan
Express : 1-3 hari/besok sampai pada Pkl 10.00-12.00 pagi waktu negara tujuan
Express Saver : 1-3 hari/besok sampai pada Pkl 17.00-18.00 sore/akhir hari waktu negara tujuan Expedited : 3-5 hari sampai


Syarat dan Ketentuan Pengiriman yang dilarang
-Surat, Warkat Pos atau Kartu Pos
 Personal Letter, Postal Mail or Postcard

-Barang berbahaya yang dapat atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri (dapat   dikirim dengan handling khusus via cargo)
Dangerous, Explosive or Flameable items (service available by cargo)

-Narkotika atau obat-obat terlarang lainnya
 Narcotics or any other addictive drugs

-Barang cetakan atau benda lainnya yang mengandung pornografi dan menyinggung  kesusilaan
 Porn material and accessories

-Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional
 Printed material/ electronic recording that may be threaten the national security and stability

-Alkohol, minuman keras dan makanan basah
Alcohol, alcoholic drinks & fresh/ oily food
-Tanaman dan Hewan (dapat dikirim dengan handling khusus via cargo)
Plants & animal (service available by cargo)

-Senjata api, pisau dan petasan
Fireguns, knives and firecrackers

-Perhiasan, batu akik/ batu-batu berharga, perangko & uang tunai
Jewelry, precious stone, airmail stamps & cash

-Perlengkapan dan peralatan judi
Gambling kit

Asuransi dan Prosedur Klaim

Bila harga barang bernilai di atas 10 kali lipat dari biaya kirim paket
Sebaiknya asuransikan barang berharga/ dokumen penting Anda!
Karena apabila barang Anda hilang dan tidak diasuransikan, kami hanya mengganti maksimal
sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya kirim

“Asuransi meliputi hilang/ rusak”*
Perhitungan Premi Asuransi 0.2% dari harga barang + administrasi Rp 5.000,-
Prosedur Klaim(Diajukan oleh pengirim) Lakukan prosedur klaim dengan baik dan benar
Tunjukkan:
Bukti airway bill/ resi yang asli
Bukti resi asuransi (bilan kiriman Anda diasuransikan)
Surat Klaim (dilengkapi dengan identitas)
Invoice/ Faktur pembelian barang Anda

Klaim diajukan paling lambat 1x24 jam, setelah kiriman barang diterima dan dilaporkan kepada petugas customer service kami di:
Phone : 021 2927 888
Email : customercare@jne.co.id
Atau datang langsung ke Kantor Pusat, Cabang, atau Sub Agen JNE terdekat.