Menurut Nash
dalam Midjan (2000), Sistem informasi merupakan kombinasi dari manusia,
fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud
menata jaringan komunikasi yang penting, pengolahan atas transaksi tertentu dan
rutin, membantu manajemen dan pemakai intern lainnya, pihak ekstern serta
menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat (intelligent). Berdasarkan
informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pada masa sekarang
ini sangat diperlukan untuk mengontrol sumber daya yang tersedia. Sistem
informasi juga dapat menjadi alat dalam pengambilan keputusan yang tepat. Hal
ini dapat membantu suatu perusahaan untuk menerapkan strategi bisnis yang baik.
Strategi bisnis yang baik dapat
meningkatkan daya saing perusahaan tersebut.
Sebuah perusahaan selalu melakukan
transaksi - transaksi yang harus diolah untuk menjalankan kegiatan perusahaan
sehari-hari. Dalam kegiatan tersebut, tentu banyak resiko – resiko yang harus
dihadapi. Mulai dari kesalahan perhitungan, kesalahan data keuangan dan
kesalahan – kesalahan lain yang dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu,
sebuah sistem informasi yang baik diperlukan untuk meminimalisir resiko –
resiko tersebut. Sistem informasi yang baik juga dapat mengurangi biaya
operasional suatu perusahaan yang akan berdampak pada profit perusahaan
tersebut.
Melalui sistem informasi suatu
perusahaan dapat membuat laporan kinerja perusahaan secara unit maupun
keseluruhan. Laporan tersebut dapat digunakan sebagai evaluasi untuk menilai
sejauh mana perusahaan tersebut berkembang. Selain itu, laporan tersebut juga
dapat dipakai sebagai alat untuk merencanakan masa depan perusahaan. Untuk
mendapatkan laporan yang baik, sistem informasi tersebut harus ditunjang dengan
sumber daya teknologi yang baik pula. Sumber daya teknologi yang baik juga
dapat meningkatkan produktivitas perusahaan melalui pelayanan yang cepat
terhadap konsumen maupun perusahaan itu sendiri. Selain itu, sistem informasi
yang modern dapat meningkatkan citra perusahaan baik di mata karyawan maupun
dari pihak eksternal perusahaan tersebut.
Daftar
pustaka :
Midjan (2000), dalam bukunya “Sistem Informasi Akuntansi I
Pendekatan Manual Praktika Penyusunan Metode dan Prosedur”, (2000 ; 10)
Mohamad
Rizan dan Fajar Andika.2011.Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan suzuki, Dealer Fatmawati, Jakarta
Selatan). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.