Didirikan tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'.
Kecepatan dan kehandalan
layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin
tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja.
Seiring dengan peningkatan
investasi asing, pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dan perkembangan teknologi
informasi, serta beragam inovasi produk yang dikembangkan, kinerja JNE semakin
tumbuh juga berkembang di kalangan dunia usaha maupun masyarakat Indonesia.
Perkembangan dunia usaha dan
gaya hidup masyarakat membuat permintaan penanganan kiriman import peka semakin
berkembang. Tak hanya mencakup paket kecil dan dokumen, tetapi merambah pada
penanganan transportasi, logistik, serta distribusi.
Peluang yang terus tumbuh
ini mendorong JNE untuk terus memperluas jaringannya ke seluruh kota besar di
Indonesia. Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 1,000 lokasi
dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 12,000 orang.
Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubungkan dengan sistem
komunikasi on-line, dikawal oleh sistem dan akses situs informasi yang efektif
serta efisien bagi konsumen dalam upaya mengetahui status terkini pengiriman
paket atau dokumen.
JNE mengedepankan sumber
daya manusia sekaligus teknologi sebagai bagian dari pengembangan. Dari mesin
X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit. Kehandalan dan komitmen JNE ini
terbukti dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO
9001:2008 atas sistem manajemen mutu.
Etika dan Profesionalisme JNE :
Kata Etika berasal dari
Yunani Kuno : "Ethikos", yang berarti "timbul dari
kebiasaan". Etika adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama
filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai
standar dan penilaian moral.
Etika mencakup analisis dan
penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Bisa
juga Etika sebagai perilaku yang dilakukan secara sadar yang akan dilakukan
bila mana seorang terhadap pemikiran suatu keadaan yang bisa diterapkan
sehingga karakter dapat menjadi etika didalam dirinya dan didalam kehidupan.
Nilai-nilai dasar yang
dianut JNE adalah jujur, adil, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan
visioner. Sedangkan filosofinya yaitu efektif, efisien, fleksibel, dan seimbang.
Tahun 1991, JNE memperluas
jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi
perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermarkas di
Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan
wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Karena persaingannya di
pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan
jaringan domestiknya TIKI dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam
pasar domestic. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.
Selama bertahun-tahun TIKI
dan JNE berkembang menjadi dua perusahaan yang punya arah sendiri. Karena itu,
keduanya menjadi saingan dan akhirnya JNE menjadi perusahaan sendiri dengan
manajemen diri sendiri. JNE meluncurkan logonya sendiri pada tahun 2000 dan
berpisah dari TIKI. JNE lalu berusaha melakukan inovasi dengan memberikan
layanan yang berbeda dengan TIKI. Kesan awal, masyarakat menganggap layanan JNE
lebih mahal dari yang lainnya. Ini karena segemen yang dibidik memang segmen
premium.
Pengembangan produk dan
layanan yang berbeda di JNE antara lain menyediakan jasa kurir, logistic, money
remittance hingga jasa kargo. Sebagai sister company dengan TIKI, secara etika
bisnis, JNE menghadapi kesulitan tidak boleh beradu harga dan layanan dengan
TIKI. Namun, ternyata industri pengiriman berkembang dan pasarnya ikut membesar
sehingga JNE tidak perlu berebut pasar. Perlahan-lahan JNE menemukan banyak
layanan baru yang tidak terpikir sebelumnya.
JNE lalu membeli gedung pada
tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Centers. Tahun 2004 JNE
membeli gedung baru yang merupakan kantor pusat JNE dan kedua gedung ini berada
di Jakarta.
Dari tahun ke tahun,
pertumbuhan bisnis JNE semakin baik, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan
industri. Industri sendiri bertumbuh hanya sebesar 10% – 15%, namun bisnis JNE
tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Resep keberhasilan JNE adalah tidak mau
menunggu konsumen. Lebih baik, JNE menjemput bola. Kurir JNE langsung menjemput
barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan barang. Hanya dengan menelepon,
kurir pasti datang ke rumah.
Tatacara
pengiriman JNE
Pertama-tama bungkuslah
barang yang hendak di kirim secara rapi hingga tidak ada celah untuk dibuka.
Tuliskan nama penerima paket, alamat penerima, No hp dan tak lupa juga
cantumkan nama anda sebagai pengirim paket.
Proses selanjutnya silahkan
menuju kantor JNE terdekat yang ada di daerah anda.
Menuju ke bagian kasir dan
nyatakan bahwa anda hendak mengirim paket barang setelah itu paket anda akan di
data, ditimbang dan di cek kelengkapan alamat tujuan.
Pada
tahap ini juga, anda akan di tanya mengenai paket pengiriman yang di gunakan,
apakah menggunakan paket reguler, paket Yes ataupun Paket Oke. Paket ini
menentukan besarnya harga dan lamanya pengiriman, Bayar jumlah uang yang di
kenakan, Proses selesai dan anda akan menerima struk bukti pengiriman.
Sebagai Catatan: Jangan
buang struk bukti pembayaran karena struk ini berguna bila suatu waktu ada
keluahan pada proses pengiriman.
Selain itu pada struk tercantum nomor resi yang berguna untuk mengecek secara online apakah paket telah terkirim dan sampai pada tujuan atau belum
Selain itu pada struk tercantum nomor resi yang berguna untuk mengecek secara online apakah paket telah terkirim dan sampai pada tujuan atau belum
Nomor resi berguna sebagai
nomor yang digunakan untuk mengecek secara online tentang seberapa jauh
proses pengiriman paket sedang berlangsung, apakah sudah sampai atau belum.
Untuk mengecek keberadaan paket secara online simak tahapan berikut :
Buka
alamat www.jne.co.id atau dengan mendownload aplikasi my Jne di app store atau Google play
Ketik nomor resi di kotak
trace & tracking Klik tombol search
Dan status pengiriman barang
anda akan muncul
Klik pada bagian nomor resi,
maka akan muncul detail pengiriman
Untuk biaya pengiriman paket
barang di hitung berdasarkan berat per Kg, namun jika barang yang dikirim
memiliki berat yang tidak sampai 1 kg maka pembayaran tetap di hitung 1 kg.
Biaya per Kg barang kisaran Rp 8.000 hingga Ratusan Ribu, tergantung jauhnya
jarak pengiriman barang.
Produk dan Layanaan JNE :
JNE Express
Diplomat
Super Speed (SS)
YES (Yakin Esok Sampai)
REG (Regular)
OKE (Ongkos Kirim
Ekonomis)
JNE Loyalty Card
(Membership)
Jesika
PELIKAN
Money Remittance
JNE Pick-Up Point
(PIPO)
@box
JNE Online Payment
JNE Online Booking
(JOB)
Airport Greeting
Syarat dan Ketentuan
Pengiriman
DIPLOMAT
Layanan barang/dokumen anda
yang sangat berharga dan rahasia sehingga tidak boleh diketahui oleh orang lain
atau dipegang oleh orang lain, maka penanganan Diplomat kami akan tangani
dengan spesial dan handcarry yaitu dari awal barang di kirim dan hingga akhir
tujuan dibawa langsung oleh staf JNE. Tarif ditentukan berdasarkan jenis
kiriman, jumlah dan tujuan.
SUPER SPEED (SS)
Layanan hari ini kirim, hari
ini sampai, artinya kiriman akan sampai ke penerima sebelum pkl 24.00 hari ini.
Ada info SMS POD (SMS info kiriman setelah sampai ke nomor HP pengirim).
Pengiriman/transaksi SS di Agen JNE ASTER GRAND GALAXY CITY - BEKASI SELATAN
dan Kantor Cabang Pusat BEKASI paling lambat pkl 11.00 pada hari itu. Tarif
ditentukan berdasarkan jenis kiriman, jumlah dan tujuan.
YES (Yakin Esok Sampai)
YES (Yakin Esok Sampai),
layanan hari ini kirim besok sampai dengan waktu pengantaran maksimal jam 24.00
besoknya (bisa siang/sore/malam sampainya) ada info SMS POD (SMS info kiriman
setelah sampai ke nomor HP pengirim). Garansi Uang Kembali jika waktu
penyampaian melebihi 1 (satu) hari yang disebabkan oleh kelalaian JNE.
(kesalahan alamat yang dituliskan pengirim, kekosongan rumah/kantor di tempat
tujuan, tidak aktif nomor telepon penerima dan kejadian lain diluar kesalahan
pihak JNE adalah tidak berlaku garansi uang kembali) Tarif ditentukan
berdasarkan jenis kiriman, jumlah dan tujuan.
REGULER
Layanan ke seluruh
kota/kabupaten/kecamatan di Indonesia.
Tarif dan waktu sampai
tujuan (ETD) berbeda ke setiap kota/kabupaten dan kecamatan tujuan.
OKE
(Ongkos Kirim Ekonomis)
Layanan ke seluruh
kota/kabupaten/kecamatan di Indonesia dengan harga ekonomis.
Tarif dan waktu sampai
tujuan (ETD) berbeda ke setiap kota/kabupaten dan kecamatan tujuan. Estimasi
waktu sampai tujuan (ETD) lebih lama dari Layanan Reguler
JESIKA
Jesika memberikan layanan
penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan.
JESIKA akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi ibu-ibu menyusui karena
menggunakan moda pengantaran sepeda motor yang dilengkapi tas berpendingin
khusus (cooler bag), ice
pack, plastik klip bersegel, dan barcode untuk menjaga kualitas ASI dan
mencegah tertukar dengan ASI lain selama pengiriman.
Teknis penjemputan dilakukan
dengan cara pickup ke lokasi, dimana sebelumnya pelanggan melakukan booking
order melalui hotline JESIKA di no. 0-800-1-451-451 atau email:
jesika@jne.co.id, dan dilanjutkan dengan proses pembayaran yang dapat dilakukan
melalui proses transfer ataupun pembayaran di tempat penerima (cash on
delivery). JESIKA menawarkan paket berlangganan harian (Rp. 25.000,-/per
pengantaran Jakarta, Rp. 50.000/per pengantaran Bogor, Depok, Tangerang
& Bekasi. Saat ini waktu layanan Jesika hanya untuk area Jabodetabek.
JNE PELIKAN
JNE PELIKAN adalah sebuah
layanan Amplop Pra Bayar khusus untuk pengiriman dokumen, Compact Disc (CD),
atau kartu undangan dengan berat maksimal 1 kg dan dimensi ukuran maksimal A4
ke dalam kota di hari yang sama (hari kerja). JNE PELIKAN tersedia di lebih
dari 50 outlet yang tersebar di seluruh Jakarta. JNE PELIKAN memastikan kiriman
tiba dengan cepat dan aman. Bila dokumen diterima sebelum pukul 11:00 maka akan
diantar pada hari yang sama dengan maksimal waktu penerimaan pukul 24:00. Bila
dokumen diterima setelah pukul 11:00 maka akan diantar pada keesokan harinya
dengan maksimal waktu penerimaan pukul 12:00.
JNE PIPO
Dengan JNE PIPO, pengirim
dan penerima dapat memilih cara penyampaian kiriman dengan cara diambil sendiri
di cabang JNE terdekat yang mempunyai layanan PIPO. JNE PIPO sangat cocok bagi
mereka yang bermobilitas tinggi dan tidak selalu berada di satu tempat atau
tidak dapat menerima kiriman secara langsung. Mereka dapat meminta paket
dikirimkan ke cabang JNE terdekat yang melayani PIPO untuk bisa diambil kapan
saja dalam waktu lima hari sejak paket tiba.
Dengan layanan ini,
pelanggan JNE yang tidak selalu berada di tempat tinggalnya dapat meminta paket
kiriman dikirimkan ke kantor perwakilan JNE terdekat dan mengambilnya di waktu
yang diinginkan sehingga aktifitasnya dapat terus berjalan dengan lancar tanpa
perlu khawatir paket kiriman tidak sampai.
Mulai 23 Maret 2015,
pengiriman dengan layanan JNE Pickup Point telah dapat digunakan oleh seluruh
pelanggan di seluruh kantor perwakilan JNE yang berada di 3 kota besar yaitu
Jakarta, Bogor dan Bandung. Untuk proses penerimaan barang dengan fitur layanan
ini, 3 kantor perwakilan JNE telah menyediakan fasilitas penyimpanan khusus,
yaitu:
Kantor
Perwakilan JNE Tomang 9 di Jl. Tomang Raya No.9 Jakarta Barat;
Kantor
Perwakilan JNE Soekarno Hatta No.452 Bandung; dan
Kantor
Perwakilan JNE Sholeh Iskandar Ruko 16 No.1A Bogor
Pelanggan yang menggunakan
fitur layanan JNE Pickup Point memiliki batas waktu selama 5 hari untuk
mengambil barangnya di 3 kantor perwakilan tersebut. Selain itu, keamanan pun
menjadi prioritas utama dimana barang hanya dapat diambil setelah penerima memberikan
nomor PIN yang telah diinformasikan sebelumnya pada saat proses pengiriman oleh
pengirim. Jika penerima mewakilkan kepada orang lain untuk mengambil barangnya,
maka harus disertakan dengan surat kuasa bertandatangan penerima diatas materai
beserta nomor PIN.
JNE Online Payment (JOP)
JNE Online Payment (JOP)
adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti
tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy
melalui JNE.
JNE Online Booking (JOB)
JNE Online Booking (JOB)
adalah layanan pemesanan tiket pengiriman JNE secara online dimana pelanggan
bisa mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman secara
online di www.booking.jne.co.id kapan saja dan dimana saja. Pelanggan tinggal
menunjukkan kode booking kepada petugas JNE untuk verifikasi saat mengunjungi
outlet JNE untuk mengirim barang. Tidak perlu lagi antri lama untuk mengisi
resi pengiriman secara manual. Dengan JNE Online Booking (JOB), Anda akan
menghemat banyak waktu.
MELAYANI KIRIMAN MOTOR
Melayani Kiriman khusus
untuk sepeda motor 2 tak,4 tak dan motor besar ke seluruh Indonesia
Tarif dan waktu sampai
tujuan (ETD) berbeda ke setiap kota/kabupaten dan kecamatan tujuan.
TRUCKING
Service ini adalah
kiriman melalui jalur darat (dengan truk JNE), dan khusus pulau Jawa (Banten,
DKI, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur).
Syarat dapat
menggunakan service trucking adalah kiriman dengan berat minimum 10
kilogram. Jika berat kiriman kurang dari batas minimum di atas, maka kiriman
tetap dianggap berat minimum tersebut.
UPS
INTERNTIONAL
Pengiriman luar negeri saat ini bekerjasama dengan UPS dan memiliki 4 service yaitu :
Pengiriman luar negeri saat ini bekerjasama dengan UPS dan memiliki 4 service yaitu :
Express Plus : 1-3
hari/besok sampai pada Pkl 08.00 pagi waktu negara tujuan
Express : 1-3 hari/besok
sampai pada Pkl 10.00-12.00 pagi waktu negara tujuan
Express Saver : 1-3
hari/besok sampai pada Pkl 17.00-18.00 sore/akhir hari waktu negara tujuan
Expedited : 3-5 hari sampai
Syarat dan Ketentuan Pengiriman yang dilarang
-Surat, Warkat Pos atau Kartu
Pos
Personal Letter, Postal Mail or Postcard
Personal Letter, Postal Mail or Postcard
-Barang berbahaya yang dapat
atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri (dapat dikirim
dengan handling khusus via cargo)
Dangerous, Explosive or Flameable items (service available by cargo)
Dangerous, Explosive or Flameable items (service available by cargo)
-Narkotika atau obat-obat
terlarang lainnya
Narcotics or any other addictive drugs
Narcotics or any other addictive drugs
-Barang cetakan atau benda
lainnya yang mengandung pornografi dan menyinggung kesusilaan
Porn material and accessories
Porn material and accessories
-Barang cetakan/rekaman yang
isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional
Printed material/ electronic recording that may be threaten the national security and stability
Printed material/ electronic recording that may be threaten the national security and stability
-Alkohol, minuman keras dan
makanan basah
Alcohol, alcoholic drinks & fresh/ oily food
Alcohol, alcoholic drinks & fresh/ oily food
-Tanaman dan Hewan (dapat
dikirim dengan handling khusus via cargo)
Plants & animal (service available by cargo)
Plants & animal (service available by cargo)
-Senjata api, pisau dan
petasan
Fireguns, knives and firecrackers
Fireguns, knives and firecrackers
-Perhiasan, batu akik/
batu-batu berharga, perangko & uang tunai
Jewelry, precious stone, airmail stamps & cash
Jewelry, precious stone, airmail stamps & cash
-Perlengkapan dan peralatan
judi
Gambling kit
Gambling kit
Asuransi dan Prosedur Klaim
Bila harga barang bernilai
di atas 10 kali lipat dari biaya kirim paket
Sebaiknya asuransikan barang
berharga/ dokumen penting Anda!
Karena apabila barang Anda
hilang dan tidak diasuransikan, kami hanya mengganti maksimal
sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya kirim
“Asuransi meliputi hilang/
rusak”*
sebesar 10 (sepuluh) kali dari biaya kirim
Perhitungan
Premi Asuransi 0.2% dari harga barang + administrasi Rp 5.000,-
Prosedur
Klaim(Diajukan oleh pengirim) Lakukan prosedur klaim dengan baik dan benar
Tunjukkan:
Bukti
airway bill/ resi yang asli
Bukti
resi asuransi (bilan kiriman Anda diasuransikan)
Surat
Klaim (dilengkapi dengan identitas)
Invoice/
Faktur pembelian barang Anda
Klaim diajukan paling lambat
1x24 jam, setelah kiriman barang diterima dan dilaporkan kepada petugas
customer service kami di:
Phone : 021 2927 888
Email : customercare@jne.co.id
Atau datang langsung ke Kantor Pusat, Cabang, atau Sub Agen JNE terdekat.
Phone : 021 2927 888
Email : customercare@jne.co.id
Atau datang langsung ke Kantor Pusat, Cabang, atau Sub Agen JNE terdekat.
No comments:
Post a Comment