Monday, April 27, 2015

Tugas 3 Bahasa Indonesia 2 : Pengertian Ekonomi




Ekonomi adalah salah satu diantara banyak faktor yang berperan penting dalam membangun suatau bangsa tetapi, apakah anda tau arti dari ekonomi yang sebenarnya ?
Ekonomi ialah  ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian barang-barang serta kekayaan. Inti dari masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas, permasalahan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya kelangkahan akibat prilaku manusia ekonomikus yang tidak pernah puas akan kebutuhan.


Contoh dari manusia homo ekonomikus yang tidak pernah puas akan suatu kebutuhan, ketika seorang pegawai yang sudah mempunyai sepeda motor untuk kebutuhan transportasinya menginginkan sebuah mobil untuk kebutuhan transportasinya yang baru, setelah beberapa bulan mempunyai mobil, pegawai tersebut berpikir akan biaya yang sangat besar yang dia keluarkan jika menggunakan mobil dibandingan dengan sepeda motor.  Tanpa disadari olehnya bahwa dia termasuk manusia homo ekonomikus, apakah anda sama dengan contoh diatas? 

No comments:

Post a Comment