Tuesday, April 28, 2015

Tugas 4 Bahasa Indonesia 2 : Barang Ekonomi


           

          Didalam ekonomi, benda-benda yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut barang. Syarat utama yang harus dipenuhi oleh suatu benda untuk dapat disebut barang adalah dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang didalam ekonomi didapatkan dengan cara pengorbanan yang dilakukan oleh seseorang karena jumlah yang terbatas serta mempunyai nilai tersendiri. Jika jumlah dari barang ekonomi semakin berkurang maka permintaan akan barang akan meningkat diikuti dengan harga atau nilai yang semakin mahal.
            Contoh dari barang ekonomi ialah beras. Pada saat panen raya, harga gabah sangat murah karena menumpuknya ketersediaan gabah di petani, sebaliknya pada saat musim panceklik harga gabah dipasaran akan naik dan berdampak pada harga jual beras dipasar lokal. Jika kita tarik kesimpulan dari contoh diatas harga beras tidak akan naik jika ketersediaan gabah sebanding dengan permintaan yang ditawarkan dan harga beras dipasar akan stabil jika ketersediaan beras lebih besar dibandingkan permintaan.

            Kelangkahan barang dan kenaikan nilai jual barang tidak akan terjadi jika adanya antisipasi sebelum kelangkahan akan barang terjadi, dengan cara membuat ketersediaan akan barang melebihi jumlah permintaan pasar.

No comments:

Post a Comment